Artikel Menarik Banyak Di Baca

Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia vs Myanmar

Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia vs Myanmar

Militer Myanmar akhir – akhir ini menjadi perhatian dunia. Bukan karena prestasinya melainkan karena aksi tidak berperikemanusiaan yang mereka lakukan pada orang – orang muslim di wilayah Rohingya, Rakhine. Bermaksud ingin memberantas aksi militan, militer – militer Myanmar malah membantai habis – habisan orang – orang di sana. Tidak hanya itu, menurut informasi, mereka juga membakar rumah dan memperkosa para wanita kaum Rohingya.
Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia vs Myanmar

Karena Indonesia merupakan negara yang mayoritas masyarakatnya beragama Islam, tentu kita tidak bisa diam saja melihat saudara – saudara di sana dibantai oleh para militer. Namun sayangnya pemerintah Indonesia seakan belum membuat langkah signifikan untuk membantu warga Rohingya meskipun beberapa waktu yang lalu Indonesia juga sempat menampung para pengungsi dari sana.

Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia vs Myanmar
Andaikan suatu hari nanti Indonesia berani mengambil langkah dengan jalan militer, kira – kira siapakah yang lebih unggul antara militer Indonesia atau Myanmar? Daripada penasaran berikut kami ulas perbandingannya.

Perbandingan militer Indonesia vs Myanmar

1. Ranpur dan Tank Myanmar lebih banyak dari pada Indonesia

Pertempuran antar anggota militer tentu tak lepas dari area darat. Oleh karena itu, dibutuhkan ranpur (kendaraan tempur) dan tank dalam jumlah banyak.
Namun melihat kenyataan yang ada, ternyata ranpur dan tank Myanmar jauh lebih banyak dari pada milik Indonesia. Mereka memiliki 569 tank dan 1.358 ranpur sementara Indonesia hanya memiliki 1.089 ranpur dan 468 tank saja.
Bahkan kendaraan perang darat milik Myanmar berada di peringkat 50 dunia mengungguli Iran, Malaysia, dan Belanda.

2. Tentara Indonesia lebih banyak dari Myanmar

Indonesia boleh kalah dari segi kendaraan darat. Namun dari sektor Sumber Daya Manusia, Indonesia unggul cukup jauh dari tetangganya itu.
Meskipun militer Myanmar berada di peringkat 33 dunia, ternyata pasukan tentara mereka cukup melimpah. Berdasarkan catatan Global Fire Power, saat ini Myanmar memiliki lebih dari 406 ribu tentara aktif.

Namun angka itu masih kalah jauh dengan Indonesia yang saat ini tercatat memiliki lebih dari 476 ribu tentara aktif. Selain itu kualitas tentara kita juga lebih unggul dari Myanmar jika dilihat dari prestasi yang dicapai di tingkat Internasional.

3. Kekuatan udara Myanmar lebih unggul dari Indonesia

Selain dari darat, nampaknya Myanmar juga masih mendominasi di area udara. Menurut catatan Global Fire Power, saat ini Myanmar memiliki 77 pesawat penyerang dan 58 jet tempur siap operasi. Sedangkan Indonesia hanya memiliki 58 pesawat serang dan 35 jet tempur.

Selain itu Myanmar juga unggul dari segi Helikopter perang dimana mereka memiliki total 9 unit sedangkan Indonesia hanya memiliki 5 unit saja. Namun meski begitu ternyata negeri kita masih unggul dari jumlah pesawat pengangkut dengan jumlah 170, unggul jauh dari Myanmar yang hanya mengoleksi 97 unit saja.

4. Kekuatan Laut Indonesia lebih unggul dari Myanmar

Meskipun kalah dari sektor darat dan udara, ternyata kita masih unggul dari segi area perairan. Disini NKRI memiliki koleksi Fleet sebanyak 221 unit, Frigates 6 unit sedangkan Myanmar hanya memiliki Fleet 155 unit dan Frigates 5 unit saja.
Tak hanya itu, Indonesia juga masih memiliki 10 unit Corvette dan 2 unit kapal selam sementara mereka hanya mempunyi 3 Corvette dan tidak punya kapal selam.


Itu dia beberapa perbandingan kekuatan militer antara Indonesia dan Myanmar. Semoga bermanfaat.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbandingan Kekuatan Militer Indonesia vs Myanmar"

Post a Comment

-Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang baik sopan.
-dilarang meninggalkan link aktif di komentar