Artikel Menarik Banyak Di Baca

Daftar Pahlawan di Uang Rupiah Baru yang Meluncur 19 Desember

Daftar Pahlawan di Uang Rupiah Baru yang Meluncur 19 Desember
Bank Indonesia secara resmi mengumumkan dan menyebarkan 11 uang rupiah baru pada hari Senin 19 Desember 2016. 11 uang rupiah tersebut terdiri dari 7 uang kertas dan 4 uang logam. Adanya perilisan uang dengan desain baru ini memang bukanlah suatu kejutan, mengingat sejak beberapa bulan yang lalu sudah terdengar desas – desus perihal perubahan desain ini.
Daftar Pahlawan di Uang Rupiah Baru yang Meluncur 19 Desember

Tidak ada perubahan besaran nominal pada rilis uang baru ini. Hanya saja uang terbaru yang diterbitkan di Gedung Bank Indonesia Jakarta ini memiliki desain baru dan dilengkapi teknologi yang lebih mumpuni dalam hal keamanan agar sukar untuk  dipalsukan. Dalam uang rupiah terbaru ini, sudah terpampang deretan gambar pahlawan baru yang tidak ada pada uang lama.
Nah, buat anda yang penasaran, berikut daftar para pahlawan yang ada pada uang kertas terbaru 19 Desember 2016.


1. Tjut Meutia (Pecahan Rp. 1000)
Tjut Meutia adalah pahlawan asal Aceh yang terpampang pada pecahan uang Rp. 1.000,-. Beliau menjadi pahlawan Indonesia atas Surat Keputusan Presiden No. 107/1964 th. 1964.
Pada masa perjuangannya, Tjut Meutia berjuang bersama suaminya Teuku Muhammad. Namun sayangnya perjuangannya harus berakhir pada bulan Maret 1905 setelah dirinya berhasil ditangkap Belanda dan dihukum mati di tepi pantai Lhoksumawe.

2. Muhammad Hoesni Thamrin (Pecahan Rp. 2000)
M. Hoesni Thamrin adalah salah satu tokoh organisasi Kaoem Betawi yang berhasil menduduki kursi Dewan Rakyat di Hindia Belanda mewakili rakyat pribumi. Beliau juga merupakan salah satu perintis revolusi kemerdekaan Indonesia. Mulai 19 Desember 2016 fotonya akan terpampang pada pecahan rupiah Rp. 2000,-.

3. Idham Chalid (Pecahan Rp. 5000,-)
Idham Chalid adalah politikus yang sangat berpengaruh dari Kalimantan Selatan. Beliau sempat menjabat sebagai wakil Perdana Menteri Indonesia pada masa kabinet Djuanda. Idham Chalid juga pernah menjadi ketua umum PBNU saat usianya menginjak 34 tahun. Pada perilisan uang baru ini, wajah Idham Chalid akan menghiasi pecahan Rp. 5000,-.

4. Frans Kaisepo (Pecahan Rp. 10.000,-)
Frans Kaisepo adalah orang yang menentang Belanda mendirikan Negara Indonesia Timur di pulau Papua. Bersama rakyat Biak, Frans mengadakan perlawanan tanpa henti pada Belanda dan mampu mengusirnya. Pada akhirnya Frans Kaisepo diangkat menjadi Gubernur Irian yang pertama. Untuk mengenang jasanya bagi Indonesia, wajahnya akan terpampang pada pecahan uang Rp. 10.000,-.

5. Sam Ratulangi (Pecahan Rp. 20.000,-)
Sam Ratulangi adalah pahlawan yang berjasa melawan kolonialisme dan pembodohan Belanda di Manado. Pada masa penjajahan Jepang Sam Ratulangi diangkat menjadi anggota PPKI, kemudian setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, beliau diangkat menjadi Gubernur Sulawesi. Sekarang gambar dirinya bisa kita lihat di pecahan uang kertas Rp. 20.000,-.

6. Djuanda Kartawidjaja (Pecahan Rp. 50.000,-)
Wajah Djuanda akan menghiasi uang rupiah baru pecahan Rp. 50.000,-. Pahlawan yang lahir di Jawa Barat 105 tahun silam ini merupakan Perdana Menteri Indonesia ke – 10 yang mampu menyatukan wilayah laut Indonesia lewat Deklarasi Djuanda-nya pada tahun 1957.

7. Soekarno dan Mohammad Hatta (Pecahan Rp. 100.000,-)
Foto Soekarno dan Moh. Hatta masih akan tetap menghiasi pecahan uang tertinggi Indonesia yaitu Rp. 100.000,-. Seperti yang telah kita ketahui, keduanya adalah pasangan bapak proklamator Indonesia yang mampu memperjuangkan sekaligus mendeklarasikan kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.


Nah itu dia daftar Pahlawan yang terpampang pada uang keluaran terbaru 19 Desember 2016, berikut kisah perjuangan beliau. Semoga bermanfaat. Untuk informasi menarik lainnya silahkan kunjungi Kafeilmu.org

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Daftar Pahlawan di Uang Rupiah Baru yang Meluncur 19 Desember"

Post a Comment

-Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang baik sopan.
-dilarang meninggalkan link aktif di komentar