Artikel Menarik Banyak Di Baca

7 Makanan Khas Jogjakarta yang Sayang Dilewatkan

Makanan Khas Jogjakarta — Pergi ke tempat wisata tak akan lengkap jika Anda belum mencicipi kulinernya. Jika Anda ke Jogjakarta maka 7 makanan khas Jogja ini tidak boleh Anda lewatkan. Makanan ini adalah makanan yang sangat kental dengan Jogja.

Bahkan kebanyakan wisatawan yang pergi ke Jogja tak akan puas jika belum merasakan kulinernya. Bagusnya lagi beberapa dari makanan ini bisa dijadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang ke rumah.
Lalu apa saja 7 makanan khas Jogjakarta yang sangat sayang jika dilewatkan? Bacalah pelan-pelan.

1.     Gudeg

Makanan ini merupakan makanan yang paling khas dari kota Jogjakarta. Bahkan makanan yang satu ini tidak hanya dikenal hingga ke penjuru pelosok negeri ini saja, melainkan juga sudah terkenal di seluruh dunia.
Pernah merasakan Tiramisu? Yuk pelajari Resep Memasak Tiramizu
Gudeg adalah sayuran yang terbuat dari sayur tewel atau nangka muda dan dimasak dengan rasa yang dominan manis. Selama ini biasanya orang memask sayur ini dengan rasa yang asin dan pedas.
Namun di Jogja Anda akan mendapatinya dengan rasa yang manis. Hal ini disebabkan karena kebanyakan masakan sehari-hari orang Jogja lebih cenderung manis. Namun, sekarang gudeg sudah ada banyak varian rasa yang bisa Anda coba.
Varian rasa gudeg sebagai makanan khas Jogja disebabkan oleh banyaknya pendatang yang dari berbagai daerah. Banyak orang yang tak suka dengan masakan yang manis, sehingga ada inovasi baru untuk menyajikan gudeg dengan rasa yang sesuai dengan lidah pendatang.
Jadi Anda yang berwisata ke Jogja, jangan pulang dulu sebelum merasakan makanan khas yang satu ini.

2.     Sate Klatak

Berbeda dengan sate pada umumnya, sate klatak ini mungkin hanya ada di Jogjakarta saja. Sebab cara memasak dan penyajiannya sangat unik. Kalau sate biasanya ditusuk dengan kayu kecil yang sudah ditajamkan, maka sate klatak ini dibakar dengan ditusuk menggunakan jeruji.
Selain itu, biasanya saat sate dibakar maka akan diolesi atau diberik bumbu yang identik dengan kecap. Namun sate klatak tidak. Justru saat pembakaran, sate ini hanya diberi garam di atasnya. Soal rasanya, Anda harus mencobanya sendiri.

3.     Sup Kembang Waru

Waru merupakan pohon yang daunnya lebar. Mungkin sup ini hanya ada di Jogjakarta. Biasanya sup ini disajikan pada saat acar-acar tertentu seperti acara pernikahan dan hajatan. Namun jika Anda ingin mencobanya maka pergilah ke Beringharjo.
Di tempat ini selain Anda bisa belanja dengan puas, Anda juga bisa merasakan kelezatan sup yang satu ini.

4.     Tempe Benguk

Makanan khas Jogjakarta yang satu ini merupakan jenis tempe yang terbuat dari biji benguk. Tanaman ini mirip seperti koro. Biasanya orang-orang setempat menyajikannya dengan cara memasaknya dengan santan, sehingga kelezatannya tidak perlu diragukan lagi.

5.     Oseng-oseng Mercon

Makanan ini adalah tumis tetelan sapi. Cara masaknya hampir sama dengan oseng-oseng pada umumnya. Hanya saja yang tumisan ini dengan tumisan lainnya adalah rasa pedasnya.
Sesuai dengan namanya, oseng-oseng ini bisa membuat Anda menangis saking pedasnya. Oleh sebab itu, jika Anda suka dengan masakan pedas, maka Anda perlu mencoba makanan yang satu ini

6.     Angkringan

Angkringan adalah warung bertenda kecil yang menjual makanan yang sudah dibungkus kecil-kecil. Makanan yang satu ini merupakan makanan favorit para pelajar di Jogjakarta karena memang harganya yang sangat murah.
Biasanya angkringan hanya buka di malam hari, sehingga jika Anda berada di Jogjakarta pada malam hari, maka ada baiknya jika Anda mencoba makan di angkringan dan rasakan suasananya yang berbeda dengan suasana yang biasa Anda rasakan sebelumnya.

7.     Nasi Pecel

Makanan ini juga sering disebut sebagai sego pecel. Makanan ini disajikan dengan cara mencampurkan berbagai jenis sayuran dan disiram dengan bumbu kacang. Biasanya sayur yang tak pernah ketinggalan adalah kecambah.
Saat Anda sampai ke Jogjakarta maka sebaiknya Anda mencoba beberapa jenis kuliner yang menjadi ciri khas Jogjakarta. Tak lengkap rasanya jika Anda tidak pernah merasakan masakan dan makanan khas Jogjakarta yang sudah fenomenal itu.
Itulah 7 makanan khas Jogjakarta yang tak boleh Anda lewatkan. Beberapa diantaranya bisa Anda bawa pulang jika memang Anda tak sempat makan di tempat.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan Khas Jogjakarta yang Sayang Dilewatkan"

Post a Comment

-Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang baik sopan.
-dilarang meninggalkan link aktif di komentar