Artikel Menarik Banyak Di Baca

Serba Serbi Kuliner Unik Khas Jogja - Wisata Jogja

Kuliner Unik Khas Jogja

Yogyakarta kota kenangan berhati nyaman, yup siapa yang bisa menafikkan hal tersebut? Joogja bukan tempat asing bagi wisatawan, tak sedikit yang datang kesini lebih dari sekali, namun rasanya tak ada yang pernah bosan. menginjakkan kaki di tanah istimewa ini. Kata orang rasa cinta datang dari mata turun ke hati. Namun tidak bisa di pungkiri rasa cinta juga bisa datang dari lidah. Yupp nikmatnya kuliner jogja memang membuat orang jatuh cinta dan tidak bisa berhenti memikirkannya.
Serba Serbi Kuliner Unik Khas Jogja - Wisata Jogja

Nahh berikut ini adalah beberapa kuliner-kuliner unik dari jogja, yang mungkin saja belum pernah anda cicipi sebelumnya. Tak hanya nikmat dipandang mata, namun juga bisa membuat air liur anda menetes tanpa disangka. 

1. Bubur Gudek

Bertandang ke jogja memang tidak afdol jika tidak menggoyang lidah dengan kelezatan gudek, namun bagaimana jika wisata gudek anda kali ini disajikan secara berbeda, jika gudek biasa disantap makan siang atau makan malam, kali ini anda bisa menikmatinya di pagi hari. Datanglah ke Jl.Gayam, yang terletak di pusat kota, jangan melintas terlalu cepat, karena anda akan melewatkan seorang ibu yang tengah menjajakan bubur. Bukan bubur ayam ataupun kacang hijau, tapi ini yang namanya bubur gudek, yak bubur Gudeg Perpaduan antara bubur dan gudek memang terdengar cukup aneh, bagi yang pertama kali mendengarnya. Namun jangan ditanya rasanya, dijamin anda akan memesan porsi ke dua. 
Gudek adalah makanan khas jogjakarta yang terbuat dari nangka muda atu turi yang dimasak dengan santan selama ber jam-jam. Gudek biasa disajikan dengan santan kental, ayam kampung, telur, tahu dan sambal goreng krecek. jika nasi putih menjadi pelengkap utama, kali ini gudek disajikan diatas bubur beras putih kemudian diberi kuah semur tahu. Satu porsi bubur gudek dihargai mulai dari Rp.9.000 sampai Rp.17.000 tergantung lauk yang dipilih. 

2. Soto Gobyos
Jika anda bosan dengan masakan jawa yang bersifat manis, anda bisa mencoba kuliner yang satu ini. "Soto Gobyos" letaknya di kawasan wisata patuk membuat soto gobyos mudah ditemukan. Soto gobyos bu hadi buka pukul 07:00- habis. Soto gobyos akan membuat lidah anda gobyos atau kepedesan. Pasalnya cabe merahnya langsung di ulek di mangkok, Anda bisa meminta jumlah cabai sesuka anda. Namun biasanya 2 buah capai saja sudah pedas. Bagi penggila pedas 5 hingga 6 cabai baru memuaskan lidah membara. Isi dari soto gobyos ini sendiri adalah; ulekan cabai, nasi, toge rebus, potongan daging sapi, daun seledri, dan taburan bawang goreng. yang istimewa adalah guyuran kuahnya yang berasal dari kaldu dengkul sapi. Anda bisa menambahkan perasan jeruk nipis untuk menambah kesegaran, nikmati selagi hangat. Guyuran kuah pedas hangat akan membanjiri ruang lidah anda. Satu porsi soto gobyos cukup anda bayar dengan selembar uang Rp.10.000. Cukup terjangkau dan pastinya dijamin lezat. 

3. Nasi Bakmoy
Satu lagi sajian kuliner di gerobak bu hadi, "Nasi Bakmoy" panganan dari negeri tiongkok ini juga diburu oleh para penggemar kulinernasi bakmoy mirip dengan nasi tim kuah kaldu, hanya saja nasi yang disajikan adalah nasi matang. Sedangkan lauk utamanya adalah ayam dan potongan tahu. Nasi bakmoy dikenal sebagai makanan rakyat, karena sajiannya yang simple dan mudah didapat. Setelah diberi potongan ayam dan tahu, ditambah dengan seledri dan bawang goreng dengan sedikit quah kaldu, dan nasi bakmoy siap untuk disantap. Cita rasa nasi bakmoy lebih manis dan gurih, cocok bagi anda yang kurang suka dengan masakan yang pedas. untuk harga nasi bakmoy sama dengan soto gobyos Rp.10.000 per mangkoknya. 

4. Cemilan Khas Jogja
Jika menu di atas cukup berat untuk santapan pagi anda, mungkin anda bisa mencoba cemilan-cemilan unik khas jogja berikut ini. Tepatnya di daerah Menoreh di dusun Jetis yang terkenal dengan hasil cemilan berbahhan ubi singkong. 

- Yang Pertama ada Grubi
mungkin namanya kurang terdengar familiar, bagi sebagian diantara anda, namun yakinlah bahwa rasanya sangat bersahabat dengan lidah siapapun. Grubi adalah cemilan khas jawa tengah yang tebuat dari ubi yang di serut halus dan digoreng dengan gula merah. Rasanya yang gurih, manis, dan renyah. Di masyarakat kita, banyak sebutan lainnya, misalnya: kremes, carang mas, dan lain-lain. Apapun namanya, grubi patut kita lestarikan sebagai warisan kuliner yang unik dari negeri kita tercinta ini. 
Cara membuatnya pun ternyata tidaklah sulit, yaitu: 
*siapkan ubi yang telah dibersihkan dahulu, 
*kemudian diparut tipis-tipis, jangan terlalu tipis maupun terlalu tebal, agar mudah di kunyah. 
*Setelah diparut, potong kecil-kecil parutan ubi tersebut
*Setelah ubi di iris kecil-kecil, saatnya menuju kompor, panaskan minyak dan masukkan gula merah terlebih dahulu. karena rasa manis menjadi dominan pada cemililan yang satu ini. 
*Jika gula sudah mencair, masukkan irisan ubi tersebut hingga ubi menempel satu sama lain kemudian tiriskan. 
* Tak menunggu terlalu lama segera cetak gorengan ubi tersebut pada cetakan gula, karena jika di biarkan terlalu lama maka grubi akan keras dan susah di bentuk. 
Grubi menjadi cemilan faforit anak-anak desa, kandungan karbohidratnya yang tinggi, dan obat sakit perut pada gula merah,menjadi khasiat yang bagus jika di konsumsi oleh anak-anak dan orang dewasa. Harganya pun tak mahal, hanya Rp.3.000 perbungkus.

- Jenang Upih dan Jadah Koro
Jika anda masih kurang ada satu lagi nih panganan yang unik. Datanglah ke pasar Kranggang Jogja. Sekitar 50M dari pintu masuk, anda akan menemukan simbah penjual jenang upih. Sekilas anda akan melihat potongan berwarna putih dan bertekstur kenyal, jenang upih namanya. Dan banyak pembeli yang membeli jenag upih tersebut. Satu lagi yang unik disini yaitu jadah koro. Jadah atau ketan dengan taburan koro atau kacang, 

Itulah beberapa makanan unik khas yogyakarta yang wajib anda cicipi jika berkunjung ke daerah istimewa ini.

Subscribe to receive free email updates:

7 Responses to "Serba Serbi Kuliner Unik Khas Jogja - Wisata Jogja "

  1. Mantep nih kulinernya, share kuliner dari banyuwangi juga dong min hehe :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oke mas next kita share kuliner banyuwangi jawa timur

      Delete
  2. Replies
    1. cobain mas jangan sampek nggk

      Delete
  3. Duh ngeliatnya jadi laperr :(

    ReplyDelete

-Silahkan jika anda yang ingin komentar, namun tolong gunakan bahasa yang baik sopan.
-dilarang meninggalkan link aktif di komentar